4 Cara Mencuci Masker Kain yang Bebas Virus

  • Whatsapp
4-Cara-Mencuci-Masker-Kain-yang-Bebas-Virus
Foto dari Canva Pro

Di tengah-tengah pandemi COVID-19 yang persebarannya secara masif, mengharuskan semua masyarakat mematuhi protokol kesehatan salah satunya memakai masker. Salah satunya adalah masker kain. Namun, apakah Anda sudah mencuci bersih masker kain tersebut? Berikut ini ada beberapa informasi mengenai cara mencuci masker kain agar masker bisa digunakan lagi dan bersih.

1. Rendam Menggunakan Air Panas

Anda bisa mencuci masker kain menggunakan mesin cuci maupun menggunakan tangan secara langsung. Saat hendak mencuci masker, pastikan Anda merendamnya terlebih dahulu menggunakan air panas dan sabun. Apabila Anda menggunakan mesin cuci, aturlah pengaturan suhu mesin cuci terpanas untuk menetralkan mikroba-mikroba yang ada di masker.

Apabila Anda hendak mencuci menggunakan tangan, maka siapkan air rebusan yang panas. Suhu air panas yang dibutuhkan untuk merendam masker kain ini sekitar 50 hingga 65 derajat celcius. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan termometer untuk mengukurnya. Apabila Anda ingin mencucinya, maka Anda harus menunggu air rendaman tersebut lebih dingin.

2. Cuci dengan Sabun

Apabila air rendaman sudah mulai dingin, Anda bisa mencucinya seperti biasa. Tidak ada sabun khusus yang ditujukan untuk mencuci masker kain yang habis pakai. Jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai pemilihan sabun. Hal yang pasti Anda lakukan adalah mencuci sampai bersih dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel. Baik itu dari segi warna, rasa maupun tampilannya.

3. Jemur

Apabila sudah bersih, langsung jemur masker kain tersebut di bawah sinar matahari langsung. Pastikan sebelum menjemur masker kain tersebut, tangan Anda juga dalam kondisi yang bersih. Anda menjemur masker setidaknya minimal 1 jam.

Apabila cuaca sedang buruk, Anda bisa menggunakan pengering pakaian dengan mengatur suhunya yang paling tertinggi untuk menetralkan virus. Apabila tidak ada mesin pengering, Anda bisa menggunakan oven bersih selama 20 menit dengan pengaturan suhu 70 derajat celcius.

4. Setrika

Jika sudah kering, Anda bisa juga menyetrika untuk merapikannya. Aturlah suhu setrika sesuai dengan bahan kain. Saat menyetrika, jangan lupa juga sebelum menyetrika, Anda harus mencuci tangan secara bersih. Tentu dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir setidaknya 30 detik.

Demikian informasi mengenai cara mencuci masker kain yang tepat. Jangan lupa untuk menghindari dan menyentuh masker saat digunakan. Jika saat pemakaian masker Anda tidak sengaja menyentuh permukaan masker, segeralah untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *